Jumat, 30 September 2011

alarm motor auto lock

Amal 
(Alarm Motor Auto Lock)

Awal pembuatan alarm ini didasari atas kebutuhan akan pengamanan terhadap motor kesayangan, apalagi di jaman sekarang ini mempunyai motor bagus dan kinyis-kinyis  ada rasa kekhawatiran terhadap tindak kriminal.

Jika dulu motor saya boleh dibilang anti maling (tua, jelek, kotor), Ibaratnya parkir dimanapun aman. biarpun begitu motor warisan tetap dilestarikan hehehe....

Sekarang udah ganti motor baru Vega ZR (biarpun nyicil). Browsing nyari artikel tentang alarm, semuanya bagus tapi sayang rumit, dapat penawaran alarm canggih pake remot, sayang mahal, akhirnya rancang bangun sendiri, berbagai tahapan uji coba pakai telah dilalui dan sekarang saatnya berbagi.

Rangkaian dibuat sesederhana mungkin dengan biaya rendah hasil maksimal tidak kalah dengan yang ada di pasaran yang katanya hebat-hebat tanpa kelemahan bahkan menjelek-jelekkan yang lebih canggih.

Pengaman ini bukan tanpa kelemahan, hanya saja akan lebih bijak jika tidak mempercayakan keamanan hanya pada satu instrumen saja. Banyak faktor pendukung terhadap pengamanan seperti suasana atau lingkungan, pengawasan tambahan dan lain-lain. Yang perlu diingat adalah jika ada keunggulan pasti disertai pula kelemahan, mustahil untuk sempurna namun tidak ada salahnya berusaha.



Alarm Motor Auto Lock (AMAL)

Merupakan perbaikan dari “Alarm Motor Auto Off”.

Rangkaian sudah diuji coba pakai di motor Vega ZR dan tidak ada keluhan,  sedangkan untuk motor lain belum dicoba. Warna jalur pada skema disesuaikan pada kondisi kelistrikan Vega ZR. Jalur Coklat untuk sambungan setelah kunci kontak, merah untuk positif accu, jingga untuk pulser, sedangkan jalur sentuhan boleh disesuaikan kebutuhan.

Titik sentuhan dapat disesuaikan dengan kondisi motor asalkan pemasangan tidak terhubung body motor atau grounding/masa. Titik sentuhan sangat peka alangkah baiknya hindarkan dari guyuran air karena dapat mendisable pengaman (untuk mengurangi kepekaan, resistor dan transistor boleh tidak dipakai hanya saja sentuhan membutuhkan tekanan lebih).

Begitu Kontak On Baik Secara Legal atau Ilegal Buzzer langsung menyala, meskipun kontak di Off selama Titik Sentuhan Belum diberi input.

Untuk menghindari “teriaknya buzzer” , sebelum kontak di-On-kan beri input sentuhan pada titik sentuh kemudian putar kontak pada posisi On, mesin siap dinyalakan.

Saklar Bypass bisa digunakan untuk kondisi darurat atau saat perbaikan (agar mas tukangnya ndak tahu kalo motornya pake pengaman kali yaa).

Pengaman ini hanya bersifat anti starter (elektrik atau pedal). motor masih bisa di dorong atau angkut. Lebih bijak jika menempatkan motor pada kondisi mudah terlihat untuk memudahkan pengawasan dan awasi motor secara berkala.

Selama motor  off alarm masih menggunakan daya namun, dalam taraf aman dan tidak menguras accu, Pengaman ini membutuhkan accu dengan kondisi sehat untuk bisa menyalakan dan mengunci relay.


Cara kerja rangkaian:
Begitu kunci kontak motor berada pada posisi on baik secara legal ataupun ilegal, maka arus mengalir pada  basis Q2 dan memberi input pada SCR 2 dan membuka gerbang arus dari accu menuju buzzer sehingga buzzer menyalak, sedangkan arus di relay berada pada posisi standby pada SCR menunggu titik sentuh untuk diberi input sentuhan meneruskan arus dari accu untuk membuka gerbang SCR1.

Ketika kunci kontak berada di posisi off maka secara otomatis memutus arus pada relay dan alarm kembali pada posisi standby. Jadi kesimpulannya selama kunci kontak motor pada posisi off motor aman sekalipun kunci ketinggalan. Untuk pemasangan gunakan sistem penyuntikan pada kabel kelistrikan motor ini berguna agar tidak memotong jalur pengkabelan.

Rangkaian tersebut memadukan prinsip sakelar elektrik dan mekanikal, menjadi sakelar sentuh digital, bahkan dengan prinsip tersebut sakelar bisa digunakan dengan fungsi lain.

Selamat berkreasi!!!

15 komentar:

  1. trims skemanya sangat berguna, saya sudah coba rangkai. titik sentuh sangat sensitif, ada solusi untuk mengurangi?

    BalasHapus
  2. @AQSYA: bisa tambahkan resistor setelah titik sentuhan kisaran 100k

    BalasHapus
  3. bos tanya untuk relay nya yg bagai mana ya?untuk no kakinya gak tercantum ya?

    BalasHapus
  4. untuk relay menyesuaikan jenis yang dipakai, ikuti skema yang tertera pada kemasan relay. terima kasih.

    BalasHapus
  5. Bos,,tanya Tr BC547 ada pengganti lain gx?...terima kasih infony

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake seri C semua bisa, menggunakan prinsip kerja transistor. tinggal sesuaikan jalur skema dengan NPN atau PNP.

      Hapus
  6. kalau saya yang jadi malingnya, kalau alarmnya sudah bunyi lalu saya matikan saja kunci kontaknya lalu saya dorong aja motornya saya masukan kedalam mobil lantas saya bawa kabur..kalau buat alarm walaupun kunci kontaknya dimatikan alarm akan tetap berbunyi dong sekalipun kunci kontaknya dicabut alarm akan tetap berbunyi terus kecuali saklar rahasianya disentuh gitu..baru alarm akan berhenti berbunyi..bosss...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alarm pada skema 1 akan tetap bunyi karena relay terkunci selama titik sentuh belum mendapat input sentuhan. atau anda punya kreasi lain? silahkan sharing di sini.

      Hapus
  7. rangkaian yang lebih efisien dan lebih simple rangkaian posting nomer 1 atau posting nomer 2 mas ?

    sepertinya rangkaian posting nomer 1 itu agak rumit tapi rangkaian nomer juga rumit dan terlalu simple..!!

    maling sekarang canggih² . walaupun alarm menyala maling pasti dorong tuh motor ?

    mau di coba rangkaian di motor temen saya . kalau berhasil nanti saya posting di mari ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat berkreasi. kalau ada kreasi lain silahkan sharing di sini.
      maaf baru bisa jawab karena lupa password :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mas mau tanya itu relay yg dipakai buat versi buzzer 1 relay 8pin atau 2 relay 5pin? Kalo mau membuat delay beberapa detik sebelum buzzer bunyi pake apa dan di taruh dimanayak. Terimakasih :)

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  10. bagus nih artikelnya gan...
    semoga ilmunya bermanfaat...
    untuk sodara2 yg tdk punya cukup waktuk
    untuk belanja dan bikin sendiri
    kami menyediakan beberapa merek alarm motor
    tinggal pasang dg harga berfariasi
    mulai dari harga 35.000 - 100.000
    barang bergaransi 1 th
    untuk lebih lengkapnya bisa lihat di
    http://arimahadana.blogspot.co.id atau
    http://alarmmotorsensorsentuhmurah.blogspot.co.id

    BalasHapus